Tingkatkan Inovasi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0, Prodi Pendidikan Matematika Taja Kuliah Umum STEM

0
103

Tanjungpinang – Sejumlah 152 peserta yang terdiri dari unsur guru dan siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan sederajat se Provinsi Kepulauan Riau beserta sejumlah dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mengikuti kegiatan kuliah umum dengan tema “Pendekatan STEM: Suatu Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0” pada hari Sabtu, 16 November 2019 di Gedung Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang.

Dokumentasi kegiatan kuliauh umum STEM

Kegiatan kuliah umum Program Studi Pendidikan Matematika yang juga dihadiri sejumlah alumni Program Studi Pendidikan Matematika disampaikan oleh narasumber Assist. Prof Dr. Nur Izzati, S.Pd., M.Si. salah seorang dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMRAH yang juga seorang trainer IHT di beberapa Sekolah di Provinsi Kepulauan Riau. “Pembelajaran saat ini haruslah relevan dengan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0”, ujar narasumber dalam kesempatan kuliah umum seraya menjelaskan asal muasal STEM sebagai sebuah pendekatan yang merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering, and Mathematics.

Narasumber tengah memberi perkuliahan STEM

Pendekatan pembelajaran yang dikembangkan di Amerika Serikat ini memiliki dampak yang cukup signifikan pada proses pembelajaran saat ini. “Karakternya yang bersifat multidomain, dirasa memiliki potensi besar untuk dikolaborasikan dengan model-model pembelajaran lain seperti Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning, dan pembelajaran Inquiry yang dinilai sangat relevan dengan Kurikulum 2013″, ujar narasumber.

Kegiatan kuliah umum yang bertalian dengan kegiatan Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) tahunan ini dihadiri oleh unsur pimpinan, Wakil Dekan I , Assist. Prof. Gatot Subroto, M.Pd. sekaligus membuka acara. Dalam kesempatan tersebut, beliau memberikan apresiasi atas kegiatan yang berhasil ditaja oleh Program Studi Pendidikan Matematika. Menurut beliau, kegiatan serupa ini harus selalu digalakkan dan didukung demi berkembangnya sebuah Program Studi.

Suasana perkuliahan di Gedung Aula Bulang Linggi Tanjungpinang

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Assist. Prof. Febrian, S.Pd., M.Sc. menjelaskan bahwa STEM merupakan topik yang dirasa tepat diberikan pada kesempatan tersebut tidak hanya karena pendekatan pembelajaran tersebut sekarang tengah hangat-hangatnya, namun juga karena momentum kegiatan LCCM yang dapat mempertemukan sejumlah penyelenggara pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau. “Semoga kegiatan serupa dan lainnya terus dapat ditaja oleh Program Studi Pendidikan Matematika”, ujar beliau. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here