Mengisi Materi PEKERTI-AA 2019, Narasumber dan dosen Prodi Pendidikan Matematika Pandu Penggunaan Syarah UMRAH

0
296

Tanjungpinang – Sebanyak 48 dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mengikuti Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik InstruksionalĀ (PEKERTI) dan Applied Approach (AA) dalam kurun waktu satu minggu dimulai pada hari Senin lalu hingga Jumat, 18 – 22 November 2019 di Ruang Serbaguna Lantai III Gedung Rektorat UMRAH Dompak. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Riau (UR) bekerjasama dengan UMRAH.

Salah satu mata pelatihan yang diselenggarakan pada hari Selasa 19 November 2019 adalah ragam sumber belajar/media pembelajaran. Kegiatan tersebut disampaikan oleh narasumber dari Universitas Riau, Dr. M. Nasir, M. Kom. salah seorang dosen dari Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UR. Di hadapan 48 peserta pelatihan, beliau memberikan materi teoritis terkait media dalam pembelajaran, jenis dan contohnya serta peran penting penggunaan media pembelajaran dalam menunjang pencapaian kompetensi peserta didik.

Narasumber dan Tim menjelaskan dan mendemostrasikan penggunaan media dan Syarah UMRAH

Dalam kesempatan tersebut, beliau ditemani oleh salah seorang dosen Program Studi Pendidikan Matematika, Lect. Puji Astuti, S.Pd., M.Sc. dan seorang staf UPT Information, Communication, and Technology (ICT) UMRAH, Yessy. Selain membahas media pembelajaran, melalui tim tersebut, narasumber juga memeragakan penggunaan online learning system yang dimiliki UMRAH yang dinamakan Syarah. Melalui peragaan oleh dosen Pendidikan Matematika tersebut serta technical support dari staf ICT UMRAH, peserta memerhatikan demonstrasi penggunaan Syarah dalam menunjang proses pembelajaran. Salah satu fitur Syarah yang dibahas meliputi penggunaan kuis online dalam pembelajaran.

Kegiatan hari kedua yang berakhir pada pukul 16.30 WIB tersebut ditutup dengan sesi teori pembelajaran konstruktivisme oleh narasumber. Sejumlah peserta PEKERTI dan AA tampak serius mengikuti kegiatan. Diantara 48 dosen tersebut, terdapat 6 dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMRAH Lect. Rindi Antika, S.Pd., M.Pd., Lect. Okta Alpindo, S.Pd., M.Pd., Lect. Nur Asma Riani Siregar, S.Pd., M.Pd., Lect. Susanti, S.Pd., M.Pd., Lect. Mariyanti Elvi, S.Pd., M.Pd., Lect. Metta Liana, S.Pd., M.Pd. Dengan berakhir agenda tersebut nantinya pada hari Jumat 22 November 2019, maka tercatat 14 dosen Program Studi Pendidikan Matematika telah mengikuti pelatihan dasar bagi dosen Perguruan Tinggi tersebut. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here