Sambut Visiting Students Universitas Bengkulu, Dosen Gelar Kuliah Umum

0
82

Tanjungpinang – Sebanyak dua belas mahasiswa FKIP Universitas Bengkulu (UNIB) dan seorang dosen pendamping melakukan kunjungan ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMRAH. Sejumlah aktifitas dilakukan dalam kurun waktu satu minggu dimulai pada tanggal 21 hingga 28 November 2019. Beberapa diantaranya sit in perkuliahan, observasi kegiatan kampus, dan silang budaya.

Dalam momentum tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika menggelar General Lecture for Visiting Students pada hari Rabu, 27 November 2019. “Di samping sebagai wujud penerimaan terhadap visiting students, saya rasa dengan menggelar kegiatan ini, kita dapat mengakomodasi kebutuhan sejumlah pihak. Melalui kuliah umum ini, Prodi dapat menginformasikan potensi-potensi yang ada di Prodi sendiri yang senada dengan topik kuliah umum, kepada mahasiswa UNIB dapat mendukung kegiatan observasi dan pelaporan, dan secara umum mahasiswa kedua institusi mendapatkan informasi dan wawasan baru”, ujar Assist. Prof. Febrian, S.Pd., M.Sc., Ketua Prodi Pendidikan Matematika.

Ketua Prodi memberikan kuliah umum peran publikasi bagi mahasiswa sarjana

Dalam kesempatan kuliah umum tersebut, dua dosen Pendidikan Matematika Assist. Prof. Febrian, S.Pd., M.Sc. dan Assist. Prof. Dr. Nur Izzati, S.Pd., M.Si. menyampaikan kuliah umum di hadapan peserta. Febrian menyampaikan peran publikasi bagi mahasiswa sarjana. Menurutnya, penyebarluasan hasil penelitian dan peningkatan daya saing bangsa dapat ditingkatkan melalui publikasi oleh mahasiswa sebagai bagian dari sivitas akademika seraya menjelaskan acuan normatif publikasi bagi mahasiswa dan sejumlah tipe publikasi yang ada saat ini. Termasuk di dalamnya sosialisasi Jurnal Gantang, Prodi Pendidikan Matematika yang telah terakreditasi Sinta 3.

Di samping itu, kemahiran menulis artikel ilmiah menjadi hal yang ditekankan dalam kuliah umum kedua oleh Nur Izzati dengan topik penulisan artikel ilmiah. “Artikel ditulis dengan mengikuti aturan penulisan yang ditetapkan oleh pengelola Jurnal yang sering dinamakan gaya selingkung, namun dari sejumlah aturan yang ada, bagian krusial seperti latar belakang, metode, hasil dan pembahasan serta kesimpulan haruslah dikuasai oleh penulis ketika menyusun artikel ilmiah”, ujar Nur Izzati.

Nur Izzati menjelaskan penulisan karya ilmiah kepada peserta

Di akhir kegiatan delegasi mahasiswa UNIB menyerahkan kenang-kenangan kepada Prodi Pendidikan Matematika sebagai wujud terimkasih karena telah mendukung program visiting students 2019.

Penyerahan cenderamata kepada Prodi

“Semoga kegiatan ini dapat terus berlangsung, dan semoga agenda ini dapat pula kiranya di wujudkan oleh Prodi Pendidikan Matematika ke depannya”, ujar Febrian. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here