Realisasikan Roadmap Pengabdian Bertemakan Soal HOTS melalui PKM Series Pendidikan Matematika

0
72

Tanjungpinang – Sejumlah pendidik yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Tanjungpinang berkumpul di gedung serbaguna SMP Negeri 7 Tanjungpinang untuk mengikuti pelatihan bertajuk soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada hari Selasa, 10 Maret 2020.

Para peserta tampak aktif terlibat dalam kegiatan PKM perdana

Dalam kesempatan tersebut, Assist. Prof. Dr. Nur Izzati, S.Pd., M.Si bersama dua dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMRAH lainnya yaitu, Lect. Rindi Antika, M.Pd. dan Lect. Nur Asma Riani Siregar, M.Pd. menjadi narasumber kegiatan. Ketiga dosen tersebut tergabung dalam kelompok perdana tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mandiri Prodi. Topik yang mereka bawakan dalam kesempatan tersebut adalah “Pembimbingan Pengembangan Soal Kategori HOTS di MGMP Matematika SMP Kota Tanjungpinang”. Topik tersebut jadi titik awal dari roadmap PKM terkait soal HOTS yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMRAH dengan guru MGMP Matematika SMP sebagai mitra pengabdiannya”, ujar Febrian, Ketua Prodi Pendidikan Matematika. Melalui topik awal tersebut sasaran pemahaman awal menjadi titik sentral kegiatan.

Narasumber memberikan pengarahan mengenai pengembangan soal HOTS secara teoritis

Dalam kegiatan PKM perdana, guru-guru kembali melakukan revisitasi terhadap konsep HOTS dan bagaimana mengimplementasikannya dalam konteks evaluasi melalui pembuatan soal. Sejumlah soal lalu diangkat untuk kemudian didiskusikan apakah tergolong HOTS atau tidak dan mengapa demikian. “Guru-guru tampak aktif dan antusias dalam kegiatan tersebut”, ujar Nur Izzati setelah menyelenggrakan kegiatan dengan sukses dan lancar.

Dalam dua pekan ke depan, dua tim PKM akan turun dan melanjutkan roadmap PKM terkait soal HOTS. Diantaranya tim kedua yang menagkat topik “Pengembangan Instrumen Soal Kategori HOTS di MGMP Matematika SMP Kota Tanjungpinang” dengan target guru menghasilkan perangkat soal HOTS. Selanjutnya tim ketiga akan membawakan PKM dengan topik “Pembimbingan Evaluasi Respon Tertulis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kategori HOTS Matematika”. Diharapkan dengan topik terakhir lengkap sudah pemahaman dan keterampilan guru dalam merencanakan dan mengembangkan soal, membahas soal, dan mengkaji respon siswa. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here