Perdana, Pendidikan Matematika Sukses Menyelenggarakan Webinar

0
227

Tanjungpinang, dalam meningkatkan aktivitas akademis di masa pandemi Program Studi Pendidikan Matematika menggelar Web Seminar/Seminar Online pertama kali pada hari rabu, 20 Mei 2020 melalui platform Zoom Cloud Meeting dan live streaming melalui Youtube Channel Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Peserta Webinar Pendidikan Matematika FKIP UMRAH di Zoom Meeting Cloud

Seminar pertama dari rangkaian Webinar Series yang ditaja Pendidikan Matematika mengangkat topik Trend Riset Pedidikan matematika di masa Pandemi Covid-19. Webinar yang dimoderatori oleh Febrian, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika dihadiri sekitar 180 peserta se Indonesia yang terdiri dari sejumlah dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti Pendidikan Matematika yang sebelumnya melakukan pendaftaran secara online melalui platform goole Form.

Dalam kesempatan tersebut yang berlaku sebagai narasumber adalah Dr. Rina Oktaviyanthi, S.Pd., M.Pd yang berasal dari Universitas Serang Raya (Unsera). Materi disampaikan dalam tiga sesi diikuti tiga sesi tanya jawab. Webinar dengan teknik pemberian materi dan diskusi tersebut diawali narasumber dengan menggali persepsi peserta tentang definisi trend. Melalui penyampaian materi, narasumber memberikan tips bagaimana mencari akses terhadap sejumlah infromasi terkini melalui sejumlah publikasi ilmiah.

Narasumber Webinar menyampaikan materi Webinar

Dalam sesi tersebut, narasumber memberikan pemetaan hasil analisis kecenderungan topik penelitian selama masa pandemi. Sejumlah topik seperti assessment, curriculum, teacher’s education, mathematics learning menjadi sekian topik dalam map trend riset pendidikan matematika yang kemudian mendapatkan urutan berdasarkan persentase kecenderungan. Hal tersebut tentu memberikan informasi kepada peneliti tentang bagaimana hendak memulai penelitian. “Disamping itu, dengan mengetahui trend tersebut, seorang peneliti yang telah memiliki roadmap penelitianya, dapat berusaha mencari jembatan yang dapat menghubungkan penelitiannya ke topik trend saat ini, paling tidak jika topik roadmap penelitiannya tidak masuk dalam pemetaan trend riset”, ujar narasumber.

Materi Trend Riset Pendidikan matematika di masa pandemi

“Kami berharap dengan diadakannya webinar ini dapat menambah pengetahuan sivitas akademika tentang penelitian dan bagaimana memilih topik penelitian yang relevan dengan situasi dan kondisi saat ini agar penelitian yang dilakukannya bernilai manfaat bagi orang lain”, ujar Ketua program Studi Pendidikan Matematika. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here