Tingkatkan Kinerja Penelitian dan Publikasi dengan Webinar Seri ketiga Pendidikan Matematika

0
343

Tanjungpinang – Pada hari Jumat, 12 Juni 2020 Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berhasil menggelar Webinar Seri Ketiga bertajuk “Tips & Trik Penelitian dan Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan” melalui Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube Channel Pendidikan Matematika.

Webinar yang dimoderatori oleh Mirta Fera, S.Pd., M.Sc. salah seorang dosen Pendidikan Matematika FKIP UMRAH berjalan selama 2 jam dimulai dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB. Kegiatan diikuti oleh 100 peserta pendaftar Zoom Meeting dan sejumlah peserta Live Streaming Youtube.

Narasumber Webinar 3, Al Jupri, M.Sc. Ph.D. dari Universitas Pendidikan Indonesia

Webinar 3 diisi oleh Narasumber Al Jupri, M.Sc., Ph.D dari Universitas Pendidikan Indonesia. Materi disampaikan dengan metode Sharing atas tiga issue besar yaitu penelitian, tips dan trik menulis artikel ilmiah, dan mengenai Jurnal dan Prosiding. “Penelitian itu dimulai melalui sebuah masalah, namun bukan ‘mencari’ masalah dimana dalam memecahkannya ditempuh dengan cara ilmiah”, ujar narasumber membuka sesi materi. Hal menarik terjadi ketika salah seorang peserta menanyakan metode penelitian yang cocok di lakukan di masa pandemi. “Semestinya metode bukan hal yang utama dipikirkan, melainkan masalah yang kita punyai apa, maka metode mengikuti masalah”, ujar narasumber dalam merespon pertanyaan peserta. Hal ini menandakan bahwa masalah adalah dasar keputusan menetapkan metode ilmiah.

Narasumber ketika sesi materi

Materi berlanjut dengan sesi tips dan trik dalam menulis artikel ilmiah. Pada kesempatan tersebut narasumber memberikan sejumlah arahan bermanfat bagaimana menulis artikel dengan baik dan benar dimulai dengan menulis abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan. Namun, yang menarik dan paling krusial terletak pada narasi atau penyampaian penulis dalam bagian hasil dan pembahasan. “Paling tidak ada dua model dalam menuliskannya, dipisah atau digabung”, ujar narasumber. Namun yang paling penting adalah membahas hasil dengan menggunakan teori yang telah dipaparkan sebelumnya.

Materi diakhiri dengan pengetahuan umum seputar jurnal dan prosiding yang mana merupakan media untuk mendiseminasikan output penelitian dalam bentuk artikel ilmiah. Sejumlah tips dalam memilih jurnal diberikan oleh narasumber dengan cukup baik.

Kegiatan webinar seri 3 mendapatkan sejumlah apresiasi dari peserta yang menyatakan bahwa materi dan cara penyampaian oleh narasumber sangat penting dan menarik. Hal ini tentu bermanfaat dalam menambah wawasan peserta. Peserta yang berasal dari kalangan dosen, peneliti, dan mahasiswa tampak antusias mengikuti webinar terbukti dengan banyaknya pertanyaan masuk yang tidak semua dapat direspon oleh narasumber.

Screenshot tampilan Zoom Webinar

Akhirnya webinar ditutup oleh moderator dan juga Ketua Program Studi Pendidikan Matematika. “Terimakasih kepada Pak Al Jupri yang telah menyampaikan materi yang tidak ringan dalam cara yang ringan sehingga rasanya dapat sampai kepada semua peserta”, ujar Ketua Program Studi. (red)

Berikut video webinar Tips dan Trik Peneltiian dan Publiaksi Ilmiah di Bidang Pendidikan.

Untuk mengunduh materi Webinar silakan klik link di bawah ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here