Gali lebih dalam Konsep Research and Development dan Teknik Analisis Data melalui Seminar Daring

0
282

Sejumlah peserta dari unsur pendidik seperti guru, dosen, serta peneliti dan mahasiswa mengikuti seminar secara daring pada hari Sabtu, tanggal 19 September 2020. Seminar yang ditaja Program Studi Pendidikan Matematika bertemakan “Research & Development dalam Bidang Pendidikan: Konsep beserta Teknik Analisis Data”.

Kegiatan dibuka oleh Dekan FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji, Assoc. Prof. Dr. H. Abdul Malik, M.Pd. Sedangkan pemateri pada seminar tersebut adalah Prof. Dr. Muhammad Rusli, S.Pd., M.Sc. dari Universitas Jambi dan Bambang Sumintono, Ph.D dari Universiti Malaya, Kuala Lumpur.

Screenshot sesi Zoom Seminar Daring

Sesi pertama terkait konsep Research and Development disampaikan oleh Prof. Rusli yang memberikan penekanan pada kesamaan Universitas dan Industri dalam kaitannya dengan Research and Development. “Dengan proporsi pelaksanaan yang lebih kecil dibandingkan di dunia industri, Research and Development sudah sewajarnya dipahamidengan baik konsepnya”, ujar Prof. Rusli.

Di kesempatan tersebut peserta menggali lebih dalam melalui materi yang disampaiakn seperti sejumlah penamaan Research and Development yang berlaku dan sejumlah referensi dan model penerapannya. “Dalam kaitannya dengan pelaksanaan Research and Development dalam masa pandemi, penelitian ini menjadi lebih relevan untuk peneliti dari unsur mahasiswa oleh karena karakter Research and Development yang dapat disesuaikan penerapannya dengan situasi yang dialami dengan cara membatasi ujicoba misalnya”, gagas beliau.

Sementara itu, Bambang Sumintono, Ph.D sebagai pemateri kedua memberikan materi terkait bagaimana menganalisis data dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dalam sesi tersebut beliau menambahkan bahwa konsep penelitian tertentu akan menjadi lebih baik jika teknik analisis data dipahami dan dijalankan dengan baik. Melalui sesi tersebut, dijelaskan bagaimana memahami jenis data dan memperlakukan data dengan baik sesuai jenisnya. “Analisis yang baik akan berpengaruh pada kualitas penelitian”, ujar beliau.

Sejumlah peserta seminar daring

Sejumlah peserta merespon baik pelaksanaan seminar daring ini dan berharap acara serupa dapat kembali dilakukan terutama yang sifatnya lanjutan dari seminar daring yang saat ini dilakukan.

Berikut link unduh materi seminar daring “Research & Development dalam Bidang Pendidikan: Konsep beserta Teknik Analisis Data”

Berikut link rekaman seminar daring “Research & Development dalam Bidang Pendidikan: Konsep beserta Teknik Analisis Data”

https://www.youtube.com/watch?v=oZKtVLRYOIE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here