Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UMRAH Ukir Prestasi di Ajang Internasional

0
284

Penulis: Yolanda Dhita Aruny

Tanjungpinang (25/4/21) – Mahasiswa Berprestasi dari Prodi Pendidikan Matematika. Tahniah kepada Pebi Pitri Anasari yang telah menduduki tempat ketiga dalam pertandingan menulis Esei Jawi dalam Sayembara Bahasa melayu 2021 yang diadakan pada tanggal 27 Maret 2021 – 26 April 2021. Sayembara ini diadakan oleh Universitas Teknologi Malaysia dengan empat cabang yaitu Pidato, Penulisan Esei Rumi, Deklamasi Sajak, dan Penulisan Esai Jawi.

Ketika dikonfirmasi bagaimana proses lomba yang beliau lakukan ,”Nama kegiatannya itu sayembara bahasa melayu 2021. Sayembara itu kan artinya lomba. Lomba ini tingkat internasional. Di sayembara ini ada 4 cabang lomba: Esai jawi (tulisannya arab melayu); Esai rumi (tulisan biasa); Pidato; Deklamasi sajak (membaca puisi) Untuk kategori lomba untuk setiap cabang itu ada : Kategori pelajar SMA / Matrikulasi; Kategori mahasiswa tempatan; Kategori mahasiswa nusantara (Indonesia, Singapore, Thailand, Filipina, Brunei); Kategori antarabangsa (selain negara nusantara). Alhamdulillah Pebi ikut lomba menulis esai jawi untuk mahasiswa Nusantara. Jadi esai yg Pebi buat itu harus tulis tangan, dengan tulisan arab melayu,” tuturnya.

Sayembara Bahasa Melayu 2021 adalah salah satu upaya dari pihak organisasi di Universitas Teknologi Malaysia yaitu Kelab Depikir (Debat, Pidato, dan Berfikir Kritis) dalam rangka melestarikan sastra melayu dan tulisan arab melayu sebagai warisan nusantara. Dikonfirmasi bahwa sayembara ini adalah sayembara daring pertama, “ya sayembara ini pertama kali diadakan .kalau ada rezeki dan kesempatan insya-Allah akan diadakan lagi,” tutur panitia Lomba.

Selain itu, Pebi juga menyatakan bahwa perlombaan ini melakukan tahap secara online dengan men scan dan mengirimkan email. Untuk konfirmasi secara langsung Pebi mengirimkan video selama proses pembuatan sebagai tanda bukti orisinalitas. Dengan menempatkan tempat ketiga, Pebi memperoleh hadiah sebesar 400 RM dan E-sertifikat sebagai tanda bukti pemenang lomba.

Acara penutupan sekaligus pembacaan pemenang keempat cabang lomba dilaksanakan sore tadi pukul 2 pm – 4 pm waktu Malasyia atau pukul 13.00-15.00 WIB. Disiarkan langsung melalui akun facebook dan youtube Sayembara Bahasa Melayu 2021. Rekaman youtube acara penutupan dapat dilihat melalui tautan berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here