Pelatihan Online Mobile Learning Dukung Pembelajaran Masa Pandemi

0
127

Sejumlah pendidik dari berbagai sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bidang Matematika Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kabupaten Bintan dan Lingga mengikuti program Pelatihan Online yang bertajuk “Pelatihan Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Sekolah Menggunakan Mobile Learning pada Masa Pandemi bagi MGMP SMA Kepulauan Riau” pada tanggal 22 dan 23 Juli 2021.

Program pelatihan online tersebut merupakan wujud kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) salah satu tim Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) tahun 2021. Tim PKM terdiri dari unsur dosen yang beranggotakan Ibu Puji Astuti, Bapak Febrian, Ibu Rindi Antika, dan Ibu Mirta Fera. Selain itu juga melibatkan sejumlah peran serta mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.

Ibu Puji Astuti selaku ketua tim PKM menjelaskan “PKM tahun ini masih bertemakan penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika karena sangat relevan saat ini terutama di masa pandemi dimana hampir semua sekolah menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bahkan pelaksanaan PKM nya sendiri dilaksanakan secara online menggunakan fasilitas Zoom Meeting“.

Melalui PKM 2021 diperkenalkan Construct 2 dan Website 2 APK sebagai software yang dapat dimanfaatkan oleh para pendidik untuk membuat aplikasi pembelajaran yaitu mobile learning, sesuai dengan tajuk PKM. “Dalam PKM kali ini para pendidik dilatih dan diperkenalkan berbagai fitur-fitur pada setiap aplikasi, cara menggunakan setiap aplikasi, mengubah mobile learning agar bisa diakses melalu android, sehingga dapat menghasilkan aplikasi pembelajaran berupa mobile learning yang dapat digunakan oleh peserta didik”, ujar Bapak Febrian di sela-sela pemberian materi PKM.


Sejumlah pendidik tampak sangat antusias dan terlibat aktif dalam pelatihan online tersebut. Sejumlah demonstrasi, tanya jawab, dan eksplorasi mandiri dilakukan selama dua hari pelaksanan pelatihan dengan target menghasilkan aplikasi mobile learning. Salah satu peserta menyampaikan bahwa kegiatan PKM oleh tim PKM ini sangat membantu sekali bagi guru-guru untuk memperoleh keterampilan yang diperlukan terutama di saat PJJ ini. Dalam pelatihan online kali ini, guru-guru juga diberikan E-Book TTG yang dikembangkan oleh tim PKM sebagai panduan guru-guru dalam mengembangkan mobile learning.

Sesuai dengan tujuan PKM, pada akhir kegiatan guru-guru sudah dapat mengembangkan mobile learning. Guru-guru MGMP membagikan produk mobile learning yang akan digunakan untuk pembelajaran matematika di masa pandemi pada setiap kelasnya masing-masing.

Bapak Rispon selaku anggota MGMP Matematika SMA Kabupaten Lingga mengapresiasi pelaksanaan PKM oleh tim PKM Pendidikan Matematika FKIP UMRAH dan berharap agar ke depannya akan ada sejumlah pelatihan serupa untuk jangkauan yang lebih luas terutama dalam rangka meningkatkan kapasitas sebagai pendidik matematika.

Ibu Rika selaku ketua MGMP Matematika SMA Kabupten Bintan juga mengapresiasi pelaksanaan PKM olen tim PKM Pendidikan Matematika FKIP UMRAH dan berharap agar tahun depan mereka bisa tetap mengikuti pelatihan yang sangat bermanfaat tersebut.

Berikut ini adalah rekaman streaming hari ke-1 dan ke-2

Klik link download di bawah ini untuk mengunduh materi setiap sesi pelatihan online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here