Lokakarya Penyusunan Panduan Kurikulum Implementasi MBKM

0
76

Tanjungpinang – Setelah beberapa agenda yang dilaksanakan Prodi Pendidikan Matematika dalam menyusun kurikulum dengan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), hari ini telah terlaksana Lokakarya Penyusunan Panduan Kurikulum MBKM. Lokakarya yang dibuka oleh Dekan FKIP UMRAH, turut dihadiri oleh seluruh Dosen Pendidikan Matematika dan beberapa dosen Pendidikan Kimia UMRAH, perwakilan Dosen UNRIKA, dan beberapa orang mahasiswa.

Dr. Cartono, S.Pd., M.Pd., M.T dari Universitas Pasundan yang menjadi narasumber menyampaikan output lokakarya pada hari ini adalah Prodi Pendidikan Matematika UMRAH mampu merancang dan menyusun buku panduan rekonstruksi dan implementasi MBKM yang sesuai dengan SN-Dikti No.3 Tahun 2020.

Antara poin penting yang disampaikan adalah rasional dan konsep kurikulum KKNI-OBE-SN-Dikti, kebijakan MBKM dan implementasinya, prinsip-prinsip dalam penyusunan buku panduan, serta ruang lingkup dan sistematika buku panduam MBKM. Dr. Cartono turut menyampaikan kebijakan MBKM ini mengharuskan semuanya bergerak di atas jiwa dan pikiran yang merdeka yang merupakan prasyarat lahirnya kreatifitas dan inovasi.

Penyampaian materi selama kurang lebih 1 jam 30 menit ini diakhiri dengan sesi tanya jawab. Beberapa dosen Pendidikan Matematika, yaitu Bapak Okta Alpindo, Bu Linda Rosmery, Bu Nur Izzati, dan Bapak Febrian turut terkait penyusunan panduan kurikulum MBKM yang sebelumnya telah disusun oleh para tim penyusun MBKM prodi, instrument penilaian mata kuliah ke dalam beberapa program, konversi SKS dan implementasinya.

Lokakarya ditutup dengan closing statement dari narasumber sebagai motivasi kepada seluruh dosen Pendidikan Matematika UMRAH untuk berproses bersama sehingga dokumen yang disusun ketika disosialisasikan kepada dosen dan mahasiswa lainnya dapat disampaikan dengan penuh percaya diri.

Lokakarya hari kedua akan dilanjutkan besok dengan tema “Penyusunan SOP Kurikulum Implementasi MBKM Prodi Pendidikan Matematika.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here