Lokakarya Penyusunan Draft SOP Implementasi MBKM

0
51

Tanjungpinang, 12 Agustus 2021 – Setelah kemarin Prodi Pendidikan Matematika selesai melaksanakan Lokakarya Penyusunan Panduan Kurikulum MBKM (11/8/2021), hari ini untuk kegiatan kedua dilaksanakan Lokakarya Penyusunan Draft SOP Implementasi MBKM. Lokakarya dihadiri oleh seluruh Dosen Pendidikan Matematika dan beberapa dosen Pendidikan Kimia UMRAH, perwakilan Dosen UNRIKA, dan beberapa orang mahasiswa.

Kembali dengan narasumber Dr. Cartono, S.Pd., M.Pd., M.T dari Universitas Pasundan menyampaikan output lokakarya kali ini yaitu Prodi Pendidikan Matematika UMRAH mampu menyusun dan melaksanakan Standar Operating Prosedur (SOP) untuk Implementasi MBKM yang sesuai dengan tujuan, fungsi dan manfaat SOP itu sendiri.

Bahasan kajian pada lokakarya hari kedua ini mengenai esensi kebijakan MBKM sebagai pendidikan yang memerdekakan dan memberdayakan, strategi implementasi kurikulum dan prosedur operasional implementasi MBKM. Prodi sebagai pemangku kepentingan dalam MBKM harus dapat mengembangkan/ menyesuaikan kurikulum; mensosialisasikan, menawarkan dan memfasilitasi kegiatan MBKM; serta menyiapkan alternatif mata kuliah daring.

Dr. Cartono juga menambahkan empat hal penting yang perlu diperhatikan dalam strategi implementasi MBKM dan penjaminan mutu kurikulum yaitu pencapaian CPL, hak belajar 3 semester, pengalaman belajar dan kurikulum yang fleksibel.

Penyampaian materi berlangsung selama kurang lebih 1 jam 30 menit dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Beberapa dosen Pendidikan Matematika, yaitu Bapak Febrian dan Ibu Nur Asma Riani turut mengajukan beberapa pertanyaan untuk pemahaman terkait materi lokakarya lebih lanjut.

Ucapan terimakasih kepada narasumber atas penyampaian materi yang begitu detail sehingga dapat dijadikan referensi Prodi Pendidikan Matematika dalam pemantapan Implementasi MBKM dalam Kurikulum Prodi Pendidikan Matematika UMRAH kedepannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here