Sosialisasi Kurikulum dan Panduan Implementasi Kurikulum dengan Integrasi Program MBKM kepada Mitra

0
48

Tanjungpinang – Prodi Pendidikan Matematika Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) telah melaksanakan sosialisasi kurikulum dan panduan implementasi kurikulum dengan integrasi program MBKM kepada pihak Mitra baik internal maupun eksternal. Acara sosialisasi oleh tim kurikulum MBKM Pendidikan Matematika yang dilaksanakan via Zoom mulai pukul 09.00 s/d 11.30 WIB ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan II FKIP Ibu Ahada Wahyusari, S.Pd.,M.Pd yang mewakili Dekan FKIP UMRAH. Sosialisasi ini turut dihadiri oleh Kepala LP3M UMRAH dan sekretaris LP3M, Ketua Prodi dan dosen Pendidikan Kimia, serta Ketua Prodi dan dosen Teknik Informatika sebagai mitra internal; hadir pula perwakilan dari Universitas Bung Hatta, Universitas Jambi,  Universitas Riau, SMPN 13 Tanjungpinang, SMPN 14 Tanjungpinang dan Desa Toapaya Selatan sebagai mitra eksternal.

Kegiatan sosialisasi dimulai dengan pemaparan materi terkait integrasi program MBKM kepada mitra oleh Dr. Nur Izzati, S.Pd., M.Si. selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika sekaligus ketua tim pengembangan kurikulum MBKM Prodi Pendidikan Matematika. Diharapkan dengan terlaksananya sosialisasi ini, semua pihak yang terlibat dapat memiliki pemahaman yang selaras tentang kurikulum dan panduan implementasi kurikulum tersebut.

Dalam pemaparannya, penyempurnaan kurikulum menuju MBKM mengacu pada KKNI dan SN Dikti berbasis OBE dimana dilakukan penyesuaian pada profil lulusan; Visi,Misi, tujuan dan strategi kurikulum; penempatan MK; sistem penilaian; RPS; dan integrasi program mitra.

Pola implementasi program MBKM Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMRAH yaitu dengan melakukan perkuliahan di Program Studi sendiri mulai semester 1 hingga semester 4, dilanjutkan dengan kuliah di Prodi sama luar PT dan Prodi berbeda dalam PT dari semester 5 sehingga semester 7 dan kembali ke Prodi sendiri pada semester 8 untuk menuntaskan perkuliahan.

Sosialisasi integrasi program MBKM diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Beberapa peserta sosialisasi yang hadir yaitu Ibu Mujahida dari UNJA, Ibu Kartini dari dari UNRI dan Bapak Fazri dari UBH turut berpartisipasi dalam sesi tanya jawab dan diskusi terkait implementasi program MBKM ini.

Banyaknya informasi yang diperoleh dari sesi tanya jawab diharapkan dapat menjadi referensi bagi Prodi Pendidikan Matematika dalam pemantapan implementasi program MBKM dalam Kurikulum Prodi Pendidikan Matematika UMRAH. Acara sosialisasi diakhiri dengan ucapan terima kasih oleh Ketua Prodi atas partisipasi aktif para undangan dan ditutup dengan pantun oleh MC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here