Sosialisasi Kurikulum dan Panduan Implementasi Kurikulum dengan Integrasi Program MBKM kepada Mahasiswa

0
20

Tanjungpinang, 30 Agustus 2021 – telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Kurikulum dan Panduan Implementasi Kurikulum dengan Integrasi Program MBKM kepada mahasiswa oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Acara sosialisasi ini merupakan kelanjutan dari acara sosialisasi kurikulum kepada Mitra yang dilaksanakan pada 24 agustus lalu. Acara ini dilaksanakan via Zoom mulai pukul 08.00 s/d 10.00 WIB dan dibuka Ketua Prodi Pendidikan Matematika UMRAH serta diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UMRAH.

Kegiatan sosialisasi dimulai dengan pemaparan terkait kurikulum 2019 MBKM Prodi Matematika kepada mahasiswa oleh penanggung jawab panduan kurikulum MBKM yaitu Bapak Okta Alpindo, M.Pd. Dengan pemaparan ini diharapkan nantinya mahasiswa memperoleh pemahaman terkait MBKM yang disusun prodi sehingga dapat mengalokasikan mata kuliah yang diambilnya dengan baik, serta dapat turut serta secara aktif mengikuti program MBKM yang ditawarkan.

Dalam penjelasan panduan MBKM Prodi ini dijelaskan secara lebih rinci tentang pembagian mata kuliah tiap semester yang bisa diikuti oleh mahasiswa dari semester 1 sampai dengan semester 4, kemudian memaparkan MK rekognisi dari program MBKM yang ditawarkan, syarat-syarat mendaftar dan tata cara pendaftaran program MBKM nantinya bagi mahasiswa semester 5 sampai semester 7. Dengan disusunnya persebaran mata kuliah dengan baik, maka diharapkan mahasiswa juga dapat menyelesaikan kuliah dalam 7 semester.

Setelah pemaparan materi, sesi tanya jawab dan diskusi dibuka dan dimoderatori oleh MC. Banyak pertanyaan yang diajukan mahasiswa terkait pelaksanaan program MBKM ini terutama terkait konversi mata kuliah, program-program yang ditawarkan, dan penginputan mata kuliah di SIPA. Dengan dibuka sesi ini, diharap mahasiswa lebih jelas dan paham terkait materi sosialisasi yang dipaparkan sehingga mereka bisa mengikuti program MBKM yang ditawarkan Prodi dengan baik. Mahasiswa semester 1 hingga semester 4 juga disarankan untuk mempersiapkan diri dan segala persyaratan sehingga layak untuk mengikuti program MBKM ini pada semester 5.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here