Pelaksanaan Asistensi Mengajar dan KKN Tematik Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMRAH dalam Implementasi Kurikulum dengan Integrasi Program MBKM

0
150

Tanjungpinang, 26 November 2021 – Prodi Pendidikan Matematika Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) telah mengimplementasikan kurikulum dengan integrasi program MKBM dimana dua program yang telah dilaksanakan diantaranya yaitu program asistensi mengajar dan KKN tematik.

Dalam pelaksanaan program Asistensi Mengajar Prodi Pendidikan Matematika UMRAH menjalin kerja sama dengan SMPN 13 Tanjungpinang dan SMPN 14 Tanjungpinang dengan masing-masing mengirim sebanyak 3 mahasiswa di tiap sekolah mitra yang dituju. Pada SMPN 13 Tanjungpinang, mahasiswa yang berpartisipasi adalah Khofifah, Estiyani dan Indah Feliya Santika dengan DPL Nur Asma Riani Siregar, S.Pd., M.Pd. Sementara pada SMPN 14 Tanjungpinang, mahasiswa yang berpartisipasi yaitu Satria Tu Bagus, Nuriman dan Muhammad Ma’ruf dengan DPL Susanti, S.Pd., M.Pd.

Program Asistensi Mengajar ini dilaksanakan mulai tanggal 6 September sampai dengan 24 Desember 2021 dan terintegrasi dengan beberapa mata kuliah (MK) sebagai fokus kegiatan diantaranya MK perencanaan pembelajaran, MK pemacahan masalah matematika, MK literasi matematika, MK Microteaching, MK Pengenalan kultur Sekolah dan praktik mengajar, serta MK profesi kependidikan.

Selanjutnya, Program KKN Tematik dimana Prodi Pendidikan Matematika UMRAH bekerja sama dengan di Desa Toapaya Selatan, Kabupaten Bintan. Program KKN Tematik ini dilaksanakan dari tanggal 5 September sampai dengan 30 November 2021, kegiatan ini diikuti oleh 3 orang mahasiswa diantaranya Yolanda Dhita Aruni, Rostami dan Teddy Zerika dengan DPL Okta Alpindo, M.Pd. Fokus program kerja kegiatan ini adalah membangkitkan BUMDes Desa Toapaya Selatan yaitu Desa Mart.

Hasil yang diharapkan pihak desa dari kegiatan ini adalah berupa rekomendasi mengenai keberlanjutan Desa Mart. Berikut rekomendasi yang di berikan mahasiswa untuk membangkitkan Desa Mart yang diperoleh dari hasil observasi:

  1. Pembuatan atap pada halaman Desa Mart seperti Akau pada malam hari,
  2. Pengadaan ATK mengingat letak Desa Mart yang Berdekatan dengan Kantor Desa, TK, Paud dan Juga SD Negeri.
  3. Lebih mengutakmakan kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar, dan
  4. Membuat iklan penawaran yang menarik minat pembeli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here