Berawal dari Tugas Media Pembelajaran Matematika

0
282

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran juga merupakan sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Di Universitas Maritim Raja Ali Haji tepatnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika, media pembelajaran adalah salah satu mata kuliah di semester IV. Mahasiswa sudah banyak sekali membuat media pembelajaran baik itu yang berbasis IT maupun tidak. Mata kuliah ini juga melibatkan mahasiswa agar dapat berpikir kreatif dalam proses pembuatan media. Karena semakin berkembangnya teknologi maka semakin berkembang pula akses pendidikan.


Mata kuliah media pembelajaran matematika ini diampu oleh Rezky Ramadhona, S.Pd., M.Pd. Beliau membimbing setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini, supaya bisa mengembangkan media pembelajaran matematika kedepannya agar menjadi lebih baik. “Berawal dari tugas media pembelajaran matematika,” sesuai dengan judul diatas. Salah satu mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2017 Affry Darmawan, berinisiatif membuat media pembelajaran dengan cara yang berbeda. Diketahui juga bahwa Affry adalah salah satu mahasiswa yang memiliki bakat dibidang seni. Dibimbing dengan dosen mata kuliah media pembelajaran, Affry memiliki dua pilihan tema yaitu tabung atau lingkaran. Sesuai dengan bakatnya dibidang seni, Affry membuat sebuah media pembelajaran dalam bentuk lagu yang berjudul “LINGKARI PERTIWI”.


Lingkari pertiwi adalah sebuah lagu yang menjelaskan tentang lingkaran yang diselaraskan dengan mengangkat alam semesta. Dalam proses pembuatan lagu ini, Affry juga bekerja sama dengan Zhuzetta yang juga merupakan mahasiswa pendidikan matematika sebagai pencipta dari lirik lagu Lingkari Pertiwi, selain itu Ultri yang merupakan mahasiswa pendidikan bahasa inggris sebagai artis bersama Affry, serta rekan lain Kusriman sebagai Aranger, Kharisma untuk musiknya, pembuatan video oleh Zulmaidil Adha dan terakhir Riki Fernando sebagai produser. Semua yang terlibat dalam proses pembuatan lagu ini berharap agar lagu Lingkari Pertiwi bisa mengajak semua pendengar lebih menyadari dan mensyukuri semua yang telah ada dibumi pertiwi Indonesia tercinta. Serta mampu memaknai nilai pendidikan yang mengangkat tema lingkaran seperti luas dan keliling dari lingkaran. Jadi, lingkaran bukan hanya bisa kita temukan didalam matematika tetapi juga ada di alam semesta.


Temukan aku…
Aku bukan hanya ada dimatematika
Aku ada disetiap kemana kamu melangkah…
Berpijak diatas indahnya bumi pertiwi…


Sedikit dari lirik lagu Lingkari Pertiwi. Semoga lagu ini bisa memberikan nilai pendidikan dan juga budaya di era perkembangan yang semakin canggih seperti saat ini. Serta mampu menarik perhatian pendengar dengan mengubah opsi bahwa sebenarnya dengan matematika semua bisa menyenangkan. Rezky Ramadhona selaku dosen mata kuliah juga memberikan apresiasi kepada semua yang terlibat dalam proses pembuatan karya ini.

Full video:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here